RSS

MAN JADDA WA JADDA


Awal tahun 2013, aku mendapatkan sebuah amanat untuk menjadi pembina Pramuka sementara di Mts. Arrahmah, yang juga Mts ku dulu. Sebenarnya bukan hanya aku yang dapet amanat. Firda yang juga Alumni Pramuka Mts. Arrahmah ikut jadi Pembina sementara selama satu bulan untuk persiapan Lomba. Mts. Arrahmah akan mengikuti lomba SANGGRAPALAWA 2013 (Sayembara Ketangguhan & Kreatifitas Pramuka Penggalang Jawa Timur Tingkat SMP/MTS/SEDERAJAD Se-Jawa Timur) 27-28 Januari 2013 di Kota Blitar. Tahun lalu Pramuka Mts. Arrahmah yang dinamai PASKAGARRA (Pasukan Pramuka Penggalang Arrahmah) juga telah mengikuti Lomba SANGGRAPALAWA 2012. Tahun ini PASKAGARRA mengikutinya lagi. 

Sebelum kuceritain tentang bagaimana latihannya, ketika lombanya, dan juara apa saja yang kami raih, alangkah baiknya jika perkenalan dahulu, siapa saja orang-orang dibalik layar yang telah membawa PASKAGARRA menjadi juara. 
Pembina Putra : Kak Taufik Nahari (Kak Taufik), Kak Ilham Akbar (Kak Hambar), Kak Aulia Romawati (Kak Lia), Kak Nurfiani Firdausyiah (Kak Firda). Mereka semua adalah pembina-pembina PASKAGARRA. Namun yang ikut melatih tidak hanya para pembina saja, para Alumni PASKAGARRA juga ikut melatih Adik-adik PASKAGARRA, seperti Kak Rifqi, Kak Roni, Kak Ahmad, Kak Ilyas, Kak Riza, Kak Amar, Kak Fajar yang gag bias aku sebutin semuanya satu persatu. Orang-orang diataslah dengan kegigihan dan kesungguhannya melatih adik-adik PASKAGARRA sehingga PASKAGARA dapat menjadi Juara. Namun tidak akan ada apa-apanya jika orang-orang diatas berjuang tanpa ada yang melakukannya. Maka dibawah ini adalah sederet anak-anak yang dianggap pesimis menjadi jura namun pada akhirnya mendapatkan juara tersebut 

Regu Putra
WHITE TIGER PG
  • Kamal (Pemimpin Regu)
  • Riduan
  • Akil
  • Fajar/Jarpek
  • Yusril/Bolang
  • Kolid
  • Rafli
  • Gomo
  • Ilham
  • Afif/Beno 
Regu Putri
SUN FLOWER PG
  • Septi (Pemimpin Regu
  • Dini
  • Novi
  • Putri/Darmi
  • Neli 
  • Nila
  • Beti
  • Diah
  • Silvi
  • Nuril




Sederet nama-nama anak diatas adalah nama anggota PASKAGARRA yang menjadi juara pada Lomba SANGGRAPALAWA 2013. Sebenarnya kita semua crue PASKAGARRA dalam Lomba SANGGRAPALAWA 2013 pesimis untuk menjadi juara, karena saat latihan kita mendapatkan kesulitan yang luar biasa. Anak SUN FLOWER PG dan WHITE TIGER PG pun sebenarnya adalah anak yang tersingkirkan atau bukan dari kelas unggulan. Namun tidak menutup kemungkinan mereka bisa meraih prestasi diluar. Seperti halnya yang telah mereka lakukan, menjadi juara diajang kepramukaan meski bukan dari anak unggulan.

Lomba-lomba di SANGGRAPALAWA ini menurutku bukan untuk tingkatan SMP tapi untuk tingkatan SMA. Karena jenis-jenis lombanya yang menurutku berat untuk dilakukan oleh anak seusia SMP. Itulah yang membuat PASKAGARRA agak pesimis untuk mendapatkan juara dilomba tersebut. Apalagi Mts. Arrahmah adalah sekolah pinggiran, maksudnya pinggirian adalah ya.. pinggiran sungai, ya pinggiran sawah, tapi bukan berarti terpinggir masalah prestasi.  Jenis-jenis Lomba di SANGGRAPALAWA 2013 yang PASKAGARRA ikuti diantaranya adalah: 

  1. Ajang Kreasi Seni Baris Berbaris (Baris diiringi lagu) (Pangkalan)  
  2. Flash Mob (Ajang Kreatifitas Gerak) (Pangkalan)
  3. Desain Kontruksi Jembatan  (Regu)
  4. Kreasi Senam Pramuka (Regu)
  5. Formasi Baris Berbaris (Regu) 
  6. Yell-Yell (Regu) 
  7. Iklan Layanan Masyarakat (Regu) 
  8. Administrasi (Pangkalan)
  9. Mading 3D (Regu) 
  10. Pidato Sejarah (Regu)
  11. Pionering 12 Tongkat (Jam Pasir)
Kesulitan demi kesulitan saat latian kita lalui bersama, mencari jalan keluar bersama, saling bahu membahu untuk meraih juara, keringat yang mengucur, hujan, panas, dingin, semuanya kita lewati bahkan lapar pun tak dirasakan saat latian. Itu semua kami lakukan karena ingin menjadi juara. Jika ingin jadi juara, maka kita juga harus sungguh-sungguh meraihnya. Jangan hanya pasrah menerima keadaan. Namun kesungguhan dan kerja keras jika dilakukan sendiri maka tidak akan menghasilkan sesuatu yang memuaskan. Kerja sama dan saling bahu membahu akan menjadikan kesungguhan itu menjadi kilauan permata dan kita siap menjadi juara. Ini semua terbukti, meskipun Mts. Arrahmah adalah sekolah pinggiran, dan anak-anaknya yang dari Desa, namun tidak menghalangi untuk menjadi juara. Itu semua karena kesungguhan yang kita lakukan bersama. Berikut adalah Kejuaraan yang kami raih dalam Lomba SANGGRAPALAWA 2013 Tingkat SMP/MTS/SEDERAJAD Se-Jawa Timur :
Pangkalan
  1. Juara 1 Ajang Kreasi Seni Baris-Berbaris
  2. Juara 1 Administrasi
  3. Juara 3 Flash Mob (Kreatifitas Gerak)
Regu Putra
WHITE TIGER PG
  1. Juara Tergiat Regu Putra
  2. Juara Terbaik Regu Putra
  3. Juara 1 Design Kontruksi Jembatan
  4. Juara 1 Pidato Sejarah
  5. Juara 1 Kreasi Senam Pramuka 
  6. Juara 2 Mading 3D
  7. Juara 2 Yell-Yell
  8. Juara 3 Formasi Baris-Berbaris
Regu Putri
SUN FLOWER PG 
  1. Juara 1 Iklan Layanan Masyarakat
  2. Juara 3 Yell-Yell
  3. Juara 3 Kreasi Senam Pramuka


Satu kata untuk Kejuaraan yang kami peroleh di SANGGRAPALAWA 2013 "MAN JADDA WA JADDA" "Barang siapa yang bersungguh-sungguh maka akan menuwai haslnya" 

Pesan dari Kakak Pembina (Kak Taufik Nahari) saya ambil dari statusnya di Group PASKAGARRA
Menang, bukan berarti menjadi "paling". Tetapi menang, adalah karena Anda berusaha lebih baik dari sebelumnya.
Pemenang bukannya tak pernah gagal, tetapi tidak pernah menyerah dan memiliki 1001 alasan untuk menang
Berikut adalah  Dokumentasi PASKAGARRA dalam Lomba SANGGRPALA 2013
Saat Latian Uji Coba Design Jembatan di Pangkalan Mts. Arrahmah
Narsis bersama Alumni, Pembina dan Anggota PASKAGARRA
Salah satu aksi PASKAGARRA dalam Ajang Kreasi Seni Baris-Berbaris

Regu WHITE TIGER PG menerima Tropy Tetap Regu Tergiat

Peserta Lomba SANGGRAPALAWA 2013

Kontruksi Design Jembatan

Pinru WHITE TIGER PG (Kamal) Menerima Tropy Regu Putra Terbaik

Aksi Yell-Yell Regu SUN FLOWER PG

Yell-Yell Regu SUN FLOWER PG

Senam Pramuka Regu WHITE TIGER PG

Cuplikan Iklan Layanan Masyarakat Regu WHITE TIGER PG "Pramuka Cinta Indonesia

Senam Pramuka Regu SUN FLOWER PG

Cuplikan Adegan Iklan Layanan Masyarakat "Cinta Budaya Indonesia"

0 comments:

About Me

Foto Saya
Aulia
Kediri, Jawa Timur, Indonesia
Dosen dan Guru di kediri
Lihat profil lengkapku

Klik Kanan