RSS

Mengapa Merah Putih?


Merah putih, warna bendera Indonesia yang menjadi salah satu lambang negara kita. Mengapa warna yang diambil untuk bendera kita itu merah dan putih??? emmm gara"pagi" dah dapet sms dari temen nanyain alesan bendera indonesia yang merah putih itu, jadi kepengen posting masalah ini dehh...

Seinget aku sih alesan kenapa bendera kita itu merah putih tu gara"dulu Belanda dan jepang kan menjajah indo, tapi ada  sebuah konflik antara Belanda dan Jepang yang mengakibatkan Belanda menge-bom jepang (heroshima dan nagasaki) dan akhitnya konsentrasi belanda dan jepang tidak lagi ke indonesia, tapi lebih pada permasalahan mereka. nah hal itu dimanfaatkan negara indonesia. Para kaum muda dan tua memusyawarahkan hal-hal yang diperlukan untuk negara merdeka, seperti lambang negara, teks proklamasi, UUD, Dasar negara dsb. Dan termasuk didalamnya warna bendera kita, yaitu merah dan putih. Merah artinya Berani, dan Putih itu suci. Setiap lambang suatu negara itu selalu disesuaikan dengan negaranya. Dan merah putih dirasa pas dengan negara indonesia. hal tersebut atas pemikiran Bung Hatta dan Bung Karno.
Kembali ke peristiwa antara Belanda vs. Jepang dan Indonesia yang memanfaatkan hal tersebut. Ketika Belanda dan Jepang saling berseteru. Indonesia mengambil kesempatan tersebut untuk merdeka. Para pemuda Indonesia Lari ke Hotel (sekarang hotel merdeka) dan diatas hotel tersebut
terdapat bendera Belanda yang berwarna Biru, Merah dan Putih, Kemudian para pemuda indonesia merobek bendera belanda yang berwarna Biru dan jadilah bendera Indonesia. Merah dan Putih. MERDEKA..!! dab akhirnya indonesia memproklamasikan kemerdekaannya. 


Dalam tulisan lain juga ada yang menyebutkan kalo Merah Putih itu udah dipakai sejak jaman kerajaan, seperti Kerajaan Majapahit dan kerajaan Kediri memakai panji-panji merah putih. Selain itu, bendera perang Sisingamangaraja IX dari tanah Batak pun memakai warna merah putih sebagai warna benderanya. 
Dan ketika terjadi perang di Aceh, pejuang – pejuang Aceh telah menggunakan bendera perang berupa umbul-umbul dengan warna merah dan putih. Adanya ukiran pada dinding Candi Borobudur yang dibangun pada awal abad ke- 9, di mana pada ukiran tersebut menggambarkan tiga orang hulubalang membawa umbul-umbul berwarna gelap dan terang, umbul-umbul tersebut dianaggap melambangkan warna Merah dan Putih. Catatan-catatan lain sekitar Borobudur juga sering menyebut bunga Tunjung Mabang (Merah) dan Tunjung Maputeh (Putih). Ukiran yang sama juga tampak di Candi Mendut, tidak jauh Candi Borobudur, yang kurang lebih bertarikh sama. Sedangkan arti dari bendera merah putih adalah: Merah yang berarrti berani dan Putih yang berarti suci. Warna merah mirip dengan warna gula jawa/gula aren dan warna putih mirip dengan warna nasi. Kedua bahan ini adalah bahan utama dalam masakan Indonesia, terutama di pulau Jawa. Warna merah putih oleh orang Jawa digunakan untuk upacara selamatan kandungan bayi sesudah berusia empat bulan di dalam rahim berupa bubur yang diberi pewarna merah sebagian.

Emmm.. sungguh perjuangan para pendahulu kita sangat hebat. Indonesia memang kaya akan sejarah dan kita sebagai penerus bangsa di harapkan untuk menjaga dan menghargainya. Indonesia MERDEKA!!!

2 comments:

Unknown mengatakan...

mari kita syukuri kemerdekaan ini dengan mengajar kehidupan :)

Fikri mengatakan...

:-)

mantap sekali nih au...
mengingat2 lagi sejarah indonesia

thanks ya

About Me

Foto Saya
Aulia
Kediri, Jawa Timur, Indonesia
Dosen dan Guru di kediri
Lihat profil lengkapku

Klik Kanan